Harga Daging Sapi dan Beras Naik, Pemerintah Diminta Segera Lakukan Oprasi Pasar

Oprasi Pasar (Ist)

SUMBAWA BESAR, NTB (Parsial.com)-Jelang perayaan tahun baru Imlek, kebutuhan harga daging sapi dan beras IR di pasar Seketeng Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa mengalami kenaikan. Berdasarkan pantauan wartawan bahwa harga daging sapi  Rp130.000/Kg,  sedangkan harga beras merek IR Rp12.000/Kg. Rahmawati, salah satu pedagang mengatakan bahwa dirinya merasa heran jika harga daging dan beras merek IR mahal dipasaran. 

” Jujur saja inikan masyarakat baru mulai tanam tapi harga beras merek IR dipasaran 1 kg Rp 12.000. Padahal biasanya Rp 9000 s/d Rp 10.000. Begitu juga dengan harga daging kerbau. Biasanya harga daging sapi di Sumbawa hanya berkisar Rp 90.000 s/d Rp 100.000,”ungkapnya, Minggu (31/1).

Menurut Rahmawati jika harga daging dan beras mahal kami beli. Tentu juga, pihaknya akan jual dengan harga  mahal. Karena di tempat pengambilan daging sendiri juga mahal.

“Kami akan jual mahal. Jika di tempat Rumah Pemotongan Hewan (RPH) juga mahal. Demikianpun dengan beras merek IR,”papar Rahmawati.

Dikatakan Rahmawati harga daging di Sumbawa tahun ini hampir sama dengan harga daging akan memasuki lebaran. Karena setiap tahun apabila memasuki lebaran harga daging di Sumbawa pasti ada kenaikan sedikit.

“Harga daging saat ini sama dengan harga saat menghadapi lebaran nanti. Meski demikian ada juga yang berminat. Kebanyakan peminat adalah mereka penjual bakso. Tapi kalau untuk keperluan rumah tangga jarang,”tukas Rahma.

Dikatakan Rahmawati terhadap persoalan ini kami minta kepada Pemerintah Daerah melalui dinas terkait untuk segera mengadakan Oprasi Pasar Murah (OPM).

“Dalam keadaan seperti ini coba Pemerintah Daerah adakan OPM. Karena, jika OPM digelar tentu akan membantu ‎masyarakat terhadap tingginya bahan pokok seperti beras dan daging,”katanya.

Seperti diketahui jika dibandingkan harga beras baik di Sumbawa maupun di Provinsi Bangka-Belitung saat ini hampir sama harganya yakni Rp 12.000. Yang berbeda Kabupaten Sumbawa pemasok beras. Sedangkan Provinsi Bangka-Belitung masyarakatnya banyak melakukan pertambangan timah. Dan beras yang mereka makan berasal dari luar dengan harga/kilo Rp 12.000.

Reporter: Hermansyah Idris

loading...

COMMENTS