Belum Juga Periksa Ahok, KPK Dinilai Tak Bernyali

JAKARTA (Parsial.com)-Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban menyoal keberanian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memeriksa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait dugaan sejumlah kasus korupsi di lingkungan Pemprov DKI.

Melalui akun Twitter @hmskaban, Menteri Kehutanan periode 2004-2009 itu menulis: “KPK usutlah setiap pejabat negara yang beraroma korupsi saat mereka sedang berkuasa. Kok gak bernyali priksa Gub DKI Basuki Tjahaja Purnama. Apa belum ada order?”

MS Kaban meminta KPK tidak diskriminasi memeriksa pejabat. MS Kaban menyebut pemeriksaan KPK pada Wapres Budiono dan Menkeu Sri Mulyani.

Tak hanya itu, MS Kaban menyebut Ahok betul –betul “kebal” KPK. “Miranda Gultom saja bisa disidik paksa oleh KPK, Gub DKI betul-betul kebal KPK. Para pejabat yang sedang berkuasa perlu belajar dari Gub DKI Ahok yang terduga bermasalah dengan uang negara sama sekali KPK tidak punya keberanian,” tegas ‏@hmskaban.

Lebih lanjut MS Kaban meminta KPK bertindak secara “radikal” dalam memberantas korupsi. “KPK pasti gagal berantas korupsi dengan cara konservatif jika ingin sukses harus bertindak secara radikal. KPK yakinlah Tuhan dan rakyat bersamamu,” tulis @hmskaban.

Di sisi lain, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengungkapkan bahwa KPK masih mendalami dugaan korupsi dalam pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras oleh Pemprov DKI Jakarta yang diduga melibatkan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Sementara itu, BPK sudah melakukan audit investigasi terkait pembelian lahan RS Sumber Waras. Dari hasil dari audit itu ditemukan kerugian negara sebesar Rp 191 miliar. Hasil audit BPK sudah diserahkan kepada KPK.

Rep: Adam/ITJ

loading...

COMMENTS