Kota Bogor Resmi Luncurkan Perizinan Secara Online

PARSIAL | Bogor РPemerintah Kota Bogor resmi meluncurkan pendaftaran perizinan secara daring (online).

“Melalui penekanan tombol oleh ini, Pemkot melalui BPPT-PM Kota Bogor resmi meluncurkan pendaftaran perizinan secara daring (online),”kata Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto kepada awak media, Kamis, (30/4/2025).

Sementara, Kepala BPPT-PM Kota Bogor Denny Mulyadi mengatakan penerapan perizinan online ini merupakan salah satu langkah mendukung misi pembangunan Kota Bogor menjadi kota cerdas dan berwawasan teknologi.

“Kami membuat aplikasi SMART, yang penamaannya sesuai motto kami, yaitu Sederhana, Mudah, Akuntabel, Ramah, dan Tepat waktu,”jelas Denny.

Aplikasi ini, selain dapat melayani pendaftaran perizinan secara daring, juga dilengkapi tracking system dan pengaduan daring. Dengan tracking system, pemohon dimudahkan untuk mengecek dan menelusuri berkas perizinan yang sedang diajukan.

Diakui Denny, implementasi perizinan online ini mendapat dukungan penuh dari Walikota Bogor.

“Banyak dukungan yang telah diberikan mulai dari komitmen, dukungan kebijakan, anggaran, regulasi, dan lainnya,”papar Denny.

Disamping itu, guna mendukung pelaksanaan Undang-Undang BPJS yang mensyaratkan pemohon perizinan untuk mengikuti program BPJS, saat ini di BPPT-PM Kota Bogor telah tersedia loket BPJS.

“Kami juga menyediakan loket Kantor Pajak untuk memudahkan pemohon membuat NPWP daerah atau lokal,”tambahnya.

Lebih lanjut dipaparkan Denny, BPPT-PM Kota Bogor sepanjang 2014 lalu telah menerbitkan izin sebanyak 8.589 perizinan dan non perizinan. Dari jumlah tersebut mayoritas di dominasi izin IMB. Selain itu BPPT-PM Kota Bogor juga telah menyelesaikan 36 pengaduan.

Kegiatan tersebut dihadiri Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Yuddy Chrisnandi dan Ketua Ombudsman RI Danang Girindra Wardana.

Reporter. Sandy
Editor. Adam Saleh

loading...

COMMENTS