Fadli Zon Minta Pansel Harus Teliti Rekam Jejak Calon Pimpinan KPK

Parsial.com | Jakarta-Agar tidak terulang kembali kesalan yang sama dalam menetapkan pimpinan Komisi Pemberantsan Korupsi (KPK), untuk itu Panitia Seleksi (Pansel) diminta harus betul-betul mampu meneliti rekam jejak para calon yang akan dipilih menjadi pimpinan dilembaga tersebut.

“Sudah dua kali Pansel salah dalam memilih Pimpinan KPK, ke dua pimpinan KPK yang dipilih itu tidak pernah tuntas dan selesai dalam menjalan tugasnya dikarenakan terbentur pada masalah pidana. Untuk itu, saya meminta kepada Pansel sebelum menetapkan pimpinan KPK yang baru agar terlebih dahulu meneliti rekam jejaknya,”kata Wakil Ketua DPR RI
Fadli Zon kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, (21/5/2015).

Untuk itu dia berharap, ke sembilan srikandi tersebut, bila dalam memilih Pimpinan KPK nanti harus menghilangkan kepentingan dan ambisi-ambisi pribadi.

“Saya berharap ke sembilan srikandi Pansel, bila dalam memilih Pimpinan KPK nanti harus menghilangkan kepentingan dan ambisi-ambisi pribadi. Apalagi ambisi-ambisi politik kekuasaan, karena itu akan menjerat mereka sendiri, dan akan menjadi batu sandungan buat mereka juga,”tegasnya.

Berikut dari ke 9 nama yang diusulkan Pansel KPK antara lain, Destry Damayanti, Ahli Ekonomi Keuangan dan Moneter yang didaulat menjadi Ketua Pansel. Anggotanya adalah, Pakar Hukum Tata Negara Enny Nurbaningsih, Pakar Hukum Pidana Harkristuti Harkrisnowo, Ahli Informasi Teknologi dan Manajemen Betti S Alisyahbana Pakar Hukum Pidana Ekonomi dan Pencucian UangĀ  Yenty Ganarsih.

Selanjutnya, Ahli Psikologi Sumber Daya Manusia dan Pendidikan Supra Wimbarti, Ahli Tata Negara Pemerintahan Natalia Subagya, Ahli Sosiologi Korupsi dan Modal Sosial Meuthia Genie Rochman, dan Ahli Hukum Diani Sedyowati. Dalam pertimbangan untuk mengangkat 9 Srikandi ini memang lain dari pada yang yain, yang lalu Pansel Pimpinan KPK adalah laki-laki dan sekarang semuanya wanita.

Reporter. Eric
Editor. Adam Saleh

loading...

COMMENTS