DPRD: Penegakan Perda di Kota Bekasi Masih Rendah

PARSIAL.com | BekasiĀ  – Anggota badan legislasi DPRD Kota Bekasi, Syaherallayali, menilai penegakan Peraturan daerah di Kota Bekasi masih lemah. Hal tersebut terungkap masih banyaknya bangunan yang belum memiliki izin tapi proses pembangunannya tetap berlanjut.

“Seharusnya pihak pengusaha ketika hendak mendirikan bangunan, sudah mengantongi izin IMB, tapi yang terjadi sekarang ini tidak demikian, bangunan sudah berdiri mereka baru mengurus perizinannya, inikan sebuah pelanggaran,” terang Syaherallayali, di gedung DPRD Kota Bekasi, Selasa (26/5).

Menurutnya, lemahnya penegakan Perda di Kota Bekasi tidak lepas dari masih rendahnya integritas para pegawai yang ada di lingkungan pemkot Bekasi sehingga ada peluang bermainnya para oknum dalam pengurusan perizinan tersebut.

“Kita ini masih kalah dengan Kota Yogyakarta, suatau contoh, bangunan yang telah berdiri tapi tidak memiliki izin, pihak Satpol PP langsung melakukan tindakan, dan pihak pengusaha dikenakan denda setengah harga dari nilai proyek tersebut, kalau hal itu dilakukan di Kota Bekasi, sudah barang tentu penataan pembangunan di Kota Bekasi lebih tertata rapih,” ujar Layalli, seraya menjelaskan hasil study bandingnya ke Yogyakarta baru-baru ini.

Untuk itu, kata dia, pihaknya dalam waktu dekat akan memanggil para SKPD terkait, diantaranya Dinas Tata Kota,Dispenda dan BPPT. “Sebagai fungsi pengawasan kami segera melakukan koordinasi, dengan dinas yang terkait, sehingga carut marut persoalan tata kota yang ada di Kota Bekasi segera terselesaikan,” tutupĀ  Layalli. (Dar)

loading...

COMMENTS